Kamis, 10 Februari 2011

memilih Rumah Sakit Bersalin

Bagi calon Ibu seperti saya, memilih rumah sakit bersalin membutuhkan pertimbangan yang sangat matang. Menurut saya, rumah sakit yang terbaik adalah yang pro terhadap kebutuhan ade bayi seperti pro ASI, pro inisiasi menyusui dini, pro proses melahirkan normal, pro rooming in Ibu dan bayi. Sayangnya, dari hasil ngobrol dengan sesama ibu hamil di ruang tunggu dokter kandungan saya di salah satu RS umum swasta terkenal di Balikpapan, ternyata RS tersebut hanya 'luar'nya yang bagus. Saya sampai pada kesimpulan tersebut karena menurut cerita ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan disana (dari 4 orang yang saya ajak ngobrol) hanya 1 yang berakhir menyusui sendiri anaknya dengan ASI. Memang RS ini menerapkan prosedur IMD namun tenaga kesehatannya memvonis ASI tidak keluar, dan menyarankan pemberian susu formula pada bayi yang baru lahir- secara ga langsung 1 ibu merasa 'dipaksa' membeli sufor. Wah, dengar cerita ini saya langsung mundur teratur dari niat melahirkan di RS tersebut. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk ade bayi-anak pertama kami-.

Oke, ada pilihan kedua yakni rumah sakit bersalin kelas B milik pemerintah tempat praktek DSOG saya juga. Tempatnya lebih kecil dan jauh lebih sederhana. Namun, berdasarkan pengalaman teman yang melahirkan disana pelayanan kesehatan untuk Ibu dan bayi patut diacungi jempol. Teman saya tersebut berniat melahirkan melalui proses caesar dan sudah menyiapkan susu formula dan popok disposable bagi bayinya namun langsung dicegah oleh tenaga medis disana. Rumah sakit dan tenaga medisnya sangat pro proses melahirkan normal, pro IMD, pro ASI, pro rooming in dan anti popok disposable. Ini dia nih yang saya dan suami mau. Gapapa deh tempatnya sederhana, yang penting bersih. Apa daya di bumi Borneo tempat saya tinggal sekarang, agak sulit mendapatkan rumah sakit bersalin paket lengkap yang bagus luar dalam. Untuk saya, yang paling penting ade bayi lahir sehat selamat dan mendapatkan haknya yakni ASI:)

6 komentar:

  1. Mbak Nina salam kenal ya..mbak aku mau tau dong kemarin di RS mana melahirkannya?aku sekarang cek di Restu Ibu..aku lagi cari RS yang pro IMD,room-in..due date nya aku dibulan Juni nanti mbak..thank u ya mbak yu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rika...salam kenal:) aku melahirkan di RS. Sayang Ibu-Kebun Sayur Mba, kebetulan obgynku dr. Aspian Noor praktek di Sayang Ibu juga. RSBnya well recommended krn pro imd, asi n room in tapiii ga ada kamar kelars 1 n vip ya Mba. Kalo buatku sih ga masalah krn cuma sebentar aja di RSnya, yang penting kualitas pelayanannya...hehehe, kalo mau nanya2 yang lain silakan lho. Semoga kehamilan n nanti lahirannya lancar ya Mba Rika:)

      Hapus
  2. hai mba nina,,salam kenal nih,,boleh tanya dung,,,kemaren mba nina klo check up di mana??trus klo RS. Sayang Ibu itu untuk melahirkan normal kira2 budget berapa ya?
    thx a lot,,,(soalnya baru di balikpapan)

    BalasHapus
  3. halo Mba:) maaf baru balas...aku check up di RS. Restu Ibu dg dr. Aspian Noor tahun 2010-2011 si 160 ribu/ visit termasuk usg 4 D- kalo biaya melahirkan di RS. Sayang Ibu all in 2 juta Mba. semoga membantu yah:)

    BalasHapus
  4. hai mbak nina...infonya bermanfaat banget nih, aku juga baru di balikpapan, cari RS yang rooming-in dan terjangkau. Beneran yaa di RS Sayang Ibu bisa rooming-in? kamarnya gabung sama ibu2 yang lain kah? aku juga cari yang single bed, karena aku punya anak 2 tahun, kuatirnya pas aku melahirkan dia gak mau ditinggal, minta nginep juga di RS, makasih banyak yaa mbak...:))

    BalasHapus
  5. halooo...beneran bisa, kamarnya sejauh ini yang aku tau harus berbagi dengan ibu yang lain. tapi selama ga ada yang melahirkan barengan, kayanya bisa dibooking satu ruang u/ 1 ibu. Untuk info lebih jelasnya bisa telpon ke RS Sayang Ibu, ada nomernya di postinganku senam hamil:) semangat ya, semoga persalinannya lancar

    BalasHapus